Seolah-olah anda tengah berpesan, "wahai suamiku,jadikanlah dirimu sungguh2 ideal dan spesial untukku."

Oleh Al Ustadz Abu Nashim Mukhtar ibn Rifai

Gemar beribadah

Dengan indahnya, Nabi Muhammad sholallahu 'alahi wasalam mendoakan seorang suami yg gemar beribadah ditengah malam dlm sabdanya
"semoga Alloh mencurahkan rahmatNya kepada seorang suami yg bgun malam untuk sholat. Ia pun tak lupa membangunkan istrinya. Jika istrinya enggan,ia memercikkan air(dgn penuh cinta) diwajah istrinya"
HR.Abu Daud dari Abu Huroiroh rodhiollohu 'anhu

Lembut

Suatu saat, Ummu Sulaim bersama beberapa istri rosululloh sholallohu 'alaih wasalam sedang berada diatas kendaraan. seorang pengendali kendaaraan berada di depan untuk mengatur arah gerak kendaraan tersebut.Anas bin Malik menceritakan tentang pesan Rosululloh sholallohu 'alaih wassalam saat itu kepada pengendali,
"wahai Anjasyah,pelan2lah terhadap kaca2 trsbt dlm mengendalikan"
HR.Muslim

Al imam AnNawawi rohimahulloh menerangkan "para ulama mengatakan,kaum wanita disebut kaca karena perasaan mereka yang lemah. Mereka disamakan dengan kaca yang lemah dan mudah pecah"
(syarah shohih muslim)

Penuh Perhatian

Rosululloh shallallahu 'alaihi wa sallam memiliki bnyk istri. Hampir setiap hari beliau menemui seluruh istri beliau dirumah masing2. beliau mengucapkan salam, menanyakan kabar,membelai,dan mencium,namun tdk sampai berhubungan badan. Beliau melakukanya pada seluruh istrinya,sampai beliau tiba dirumah istri yg memperoleh giliran menginap.
(lihat Aunul Ma'bud hadits no. 2135)

Adil Ketika Menimbang

seorang istri pasti mengakui kekurangan yg ada pd dirinya. tdk ad istri yg smpurna tanpa cacat.

Dari Abu Huroirah rosululloh brsabda
"(Laksanakanlah wasiat dariku) dengan bersikap baik kepada kaum istri. Sesungguhnya wanita diciptakan dr tulang rusuk. Bagian yg plg bengkok dari tlg rusuk adalah atasnya. Jika ingin meluruskannya,engkau pasti akan mematahkannya. Jika engkau biarkan,ia tetap bengkok. (Laksanakanlah wasiat dariku) dengan bersikap baik kepada kaum istri!
HR.Muslim

Tipe Pekerja ketika di rumah

Aisyah ditanya oleh Al aswad bin Yazid an Nakho'i tentang rutinitas Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wasalam jika sedang berada dirumah. Aisyah rodhiallohu 'anhu menjawab
"Beliau selalu membantu istri-istrinya. Jika telah mendengar kumandang azan,beliau segera menyambutnya"
HR.Bukhori

Di dalam Musnad al Imam Ahmad (6/12) disebutkan,ketika ditanya tentang aktifitas beliau dirumah. ibunda Aisyah menjawab,
"Beliau menjahit pakaiannya sendiri,memperbaiki sandal,dan melakukan pekerjaan sebagaimana kaum laki-laki bekerja di rumah"
(Dinyatakan sahih oleh al Albani dalam as shahihah no. 671 dan asy Syaikh Muqbil di dalam as Shahihul Musnad 2/476)

Memang,tidak semua pekerjaan rumah harus dilakukan oleh suami. Namun, pilihlah momentum dgn cerdik agar istri selalu merasa diperhatikan oleh suami.

Al Hafidzh Abul Fadhl al-'Iraqi rohimahullah menerang,
"Adapun membantu istri dalam tugas khusus mereka-secara zahir-tidaklah masuk dalam pengertian hadits diatas. Tidak mungkin istri-istri nabi sholallohu 'alaihi wasalam akan diam dan membiarkan beliau melakukannya."
(Tharhu at Tatsrib 8/181)

Pemberani

Wanita memang memang mengharapkan seorang suami yang mampu memberikan rasa nyaman,menganyomi,melindungi dan menjaganya sepenuh hati. setiap kali berada di samping suami,hatinya selalu merasa ketentraman.
Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wasalam adalah figur seorang suami yg gagah berani. Dalam hadits Anas bin Malik riwayat bukhori dan muslim,dikisahkan bhw suatu malam penduduk kota Madinah dikejutkan oleh suara gaduh yg berasal dr luar madinah. Sejumlah sahabat bergegas berangkat menuju arah suara u.memastikan,apa yg sedang terjadi?
Dalam perjalanan,mereka bertemu dgn Rosululloh sholallohu 'alahi wasalam yg telah kembali dari arah suara seorang diri. Dengan menunggang kuda dan membawa pedang tajam, beliau menyampaikan
"Tidak ada yg perlu kalian takutkan! Tidak ada yg perlu kalian takutkan!

Si pecanda

Yang dimaksud canda disini adalah canda yg secukupnya,canda yg tdk mengandung unsur dusta,canda yg berkualitas. Seorang istri sgt ingin dicandai dan diguraui oleh suaminy sekedar menghilangkan penat dan beban dihati.

Peran Istri Mewujudkan suami ideal

Jika seorang istri mendambakan suaminya menjadi ideal,bantulah dirinya untuk menemukan titik tepat guna memulai. Tebarkanlah kenyamanan dan doronglah dirinya dengan cara2 hikmah penuh sensasi. Kirimkanlah pesan kepada suami anda dengan tatapan mata,bukan hanya dengan kata2. Seolah-olah anda tengah berpesan, "wahai suamiku,jadikanlah dirimu sungguh2 ideal dan spesial untukku."

Jika Anda seorang laki2yg blm menikah, berusahalah untuk menemukan wanita sholehah agar anda pun terbantu untuk menjadi ideal baginya.

Jika anda telah menjadi seorang suami,tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. kesempatan menjadi suami ideal selalu terbuka. Apalagi istri anda tidak pernah berhenti untuk berdoa dan berharap "Ya Alloh,bimbinglah suamiku untuk menjadi suami yg shaleh."
wallohua'lam

Dikutip dgn ringkas dr majalah Asysyariah
vol.IX/No97/1435H/2013
hal 27-28

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013.SeoWaps SEO Tutorial. Powered by Blogger
Top